Pendidikan adalah salah satu elemen terpenting dalam kehidupan. Pendidikan pertama yang didapat dari seorang anak yaitu pendidikan dalam keluarga.

Keluarga khususnya orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anaknya, karena seorang anak terutama anak kecil lebih mudah untuk menirukan apa-apa yang dilihatnya. Itulah sebabnya mengapa orang tua perlu memberikan contoh yang baik, agar tertanam juga kebaikan pada diri sang anak.

Pada jenjang Pendidikan, sebelum memasuki Pendidikan Dasar ada yang namanya Pendidikan Anak Usia Dini atau yang sering disebut juga PAUD.

Apa sih PAUD itu ?

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya pembinaan yang diberikan kepada anak sejak lahir sampai berumur 6 tahun yang dilakukan dengan cara memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani. Agar sang anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

Dalam jenjang Pendidikan Anak Usia Dini ini dikenal dengan istilah pre-school. Disini anak diperkenalkan dengan nama bentuk (bulat, segi tiga, persegi, dan lain-lain), nama objek (seperti bagian tubuh yakni, tangan, kaki, mata, dan lain-lain), serta nama warna (merah, biru, kuning, dan lain-lain). Selain itu, anak juga akan terbiasa belajar tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan lingkungannya dan mengikuti perintah sederhana.

Semua orang tua pasti memiliki keinginan untuk memberikan pendidikan yang terbaik kepada anaknya. Sebagian orang tua ada yang memilih untuk menyekolahkan anak mereka ke lembaga pendidikan sedini mungkin, namun ada pula yang justru menundanya sampai anak cukup umur agar langsung masuk TK. Artinya, tidak semua orang tua setuju dengan konsep Pendidikan Anak Usia Dini.

Baca Juga : Persiapan Sekolah di Era New Normal

Beberapa manfaat yang didapat dari Pendidikan Anak Usia Dini :

  1. Mengenalkan anak-anak pada dunia sekolah
  2. Membentuk kepribadian anak
  3. Mengajarkan anak untuk belajar disiplin dan patuh terhadap aturan
  4. Mengajarkan nilai-nilai positif pada anak
  5. Mengasah kreativitas dan daya imajinasi
  6. Mendorong perkembangan otak
Baca Juga :  Persiapan Sekolah di Era New Normal

Dari beberapa manfaat diatas anak akan mulai mengerti tentang apa saja yang boleh serta tidak boleh mereka lakukan. Sekecil apapun peraturan yang bisa mereka patuhi berarti menandakan sang anak sudah mulai bisa untuk diarahkan dan disiplin. Serta orang tua juga akan mengetahui kepribadian sang anak lebih dalam, agar lebih mudah dalam menangani dan memberikan solusi atau penyelesaiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *