Covid-19 sampai kini masih menjadi pandemi ditengah-tengah kita yang mau tidak mau kita harus tetap menghadapinya bahkan saat ini kita harus siap hidup berdampingan dengannya atau istilah yang sering kita dengar adalah new normal. Semua sektor sudah mulai dibuka dan difungsikan kembali tentu saja tidak luput dengan pro dan kontra. Tidak terkecuali dengan bidang pendidikan. Jika kita ingat anak-anak kita mulai melakukan pembelajaran jarak jauh atau dengan sistem daring terhitung mulai bulan Maret yang lalu sebelum sekolah-sekolah mengadakan Penilaian Tengah Semester (PTS) hingga ujian Nasional pun ditiadakan.

Pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh bukan lah hal yang dapat dilakukan tanpa hambatan, terlebih didaerah pedesaan yang mana akses internet terbatas. Belum lagi terdapat siswa yang memang tidak memilik ponsel maupun PC sebagai alat utama untuk melakukan pembelajaran secara jarak jauh. Sungguh hal ini menjadi permasalahan tersendiri bagi guru, siswa maupun orang tua siswa. Namun hal itu tetap harus kita laksanakan demi Covid-19.

Jika tanpa Covid-19 sebentar lagi semua anak sekolah sudah bersuka cita menyambut tahun ajaran baru. Mereka akan sangat gembira karena bertemu dengan teman baru sambil menenteng tas barunya dengan gagah dan bangga mereka kenakan seragam baru. Akan tetapi, kita masih dihadapkan dengan Covid-19 yang belum kunjung sembuh. Bumi masih berduka,Indonesia masih harus berjuang tidak terkecuali di dunia pendidikan.

Aktifitas sekolah harus tetap berlanjut, karena proses pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk masa depan anak-anak kita. Saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mempersiapkan aktivitas sekolah dengan konsep new normal yang rencananya sekolah akan dibuka kembali dibulan Julia tau awal tahun ajaran baru 2020/2021. Akan tetapi tidak semua sekolah diperbolehkan mengadakan pembelajaran dengan sistem tatap muka. Nadiem Makarim, Mendikbud menegaskan hanya sekolah di zona hijau saja yang diperbolehkan memberlakukan pembelajaran tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan apabila sewaktu-waktu daerah tersebut berubah menjadi kuning, merah muda, maupun merah maka pembelajaran harus dilakukan secara jarak jauh.

Baca Juga :  Dampak Kurang Tidur

Tentusaja persiapan yang matang harus dilakukan untuk kembali menggelar sekolah di Era new normal. Berikut beberapa persiapan sekolah di Era New Normal:

  • Persiapan yang harus dilakukan orang tua
    Orang tua memiliki peran penting bagi anak untuk bisa tetap survive dalam hidup berdampingan dengan Covid 19. Begitu pula dengan keberhasilan pembelajaran anak disekolah di Era new normal ini. Beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua yaitu:
    1. Memberi penjelasan kepada anak tentang apa itu New Normal
      Jelaskan kepada anak tentang apa new normal itu, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Tentu saja dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak.
    2. Ajarkan anak untuk terbiasa dengan protokol kesehatan.
    3. Ingatkan kembali tentang bahaya virus corona
    4. Berikan juga motivasi kepada anak agar tidak terlalu cemas berlebih yang justru dapat menggannggu psikologis anak.
  • Persiapan yang harus dilakukan oleh sekolah
    Selain orang tua yang juga harus melakukan persiapan adalah sekolah. Sebagai lembaga utama penyelenggara pendidikan. Beberapa hal yang harus dipersipan adalah:
    1. Melakukan pemberisahan terhadap lingkungan sekolah dengan menyemprotkan disinfektan
    2. Menyediakan sarana prasarana penunjang sesuai protokol kesehatan. Seperti sabun pencuci tangan, tempat air yang dapat dialirkan, pengukur suhu badan, dan juga masker cadangan untuk guru, karyawan, dan juga siswa.
    3. Memasang aturan-aturan berkaitan dengan penerapan new normal di tiap sudut agar dapat terbaca oleh siswa
    4. Mensosialisasikan konsep gerakan new normal kepada orang tua siswa, dan juga komite agar dapat saling mendukung.
    5. Bekerja sama dengan dinas kesehatan atau puskesmas terdekat dan meminta tenaga kesehatan minimal perawat untuk berada disekolah baik setiap hari maupun berkala.

Itulah beberpa persiapan sekolah di Era new normal, semoga dapat membantu anda mempersiapkan sekolah anak. Yang perlu diingat adalah jangan memaksakan kehendak untuk tetap melakukan pembelajaran tatap muka apabila anda tidak berada di zona hijau.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung Secara Alami & Permanen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *