Mata ikan (clavus) merupakan penebalan kulit yang disebabkan oleh tekanan dan gesekan yang terjadi pada kulit secara berulang kali. Mata ikan bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering terjadi pada tangan, kaki, dan jari. Bagi kamu yang sedang mengalami mata ikan dan mencari cara menghilangkan mata ikan, berikut adalah cara menghilangkan mata ikan dengan bahan alami.

1. Vitamin E

Vitamin E adalah jenis vitamin yang memiliki sifat anti oksidan dan dapat larut dalam lemak. Vitamin E ini bisa membuat lunak mata ikan juga membantu menghilangkan mata ikan dengan cepat. Caranya adalah kamu melubangi kapsul vitami E menggunakan jarum, kemudian secara perlahan oleskan vitamin E tersebut pada kulit yang memiliki gangguan mata kaki. Supaya Vitamin E nya meresap, biarkan selama beberapa menit kemudian tutup menggunakan kaus kaki. Kamu sebaiknya melakukan cara ini setiap malam sebelum tidur sampai mata ikan kamu sembuh.

2. Baking soda

Baking soda (soda kue) bisa kamu gunakan sebagai bahan alami penyembuh mata ikan, karena baking soda ini bisa membuat sel-sel kulit mati di area mata ikan mengelupas. Baking soda ini juga bisa mencegah infeksi. Cara penggunaannya adalah kamu campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, kamu juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Lalu aplikasikan campuran tersebut pada kulit yang terkena mata ikan kemudian biarkan selama semalaman. Sebaiknya kamu melakukan ini setiap malam selama lima sampai tujuh hari sampai mata ikan kamu dirasa membaik. Tetapi ketika mengaplikasikan baking soda ini kamu jangan mengoleskan selain pada kulit yang terkena mata ikan ya, karena ramuan ini bisa membuat kulit yang sehat menjadi kering.

Baca Juga :  Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil Yang Jarang Diketahui

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay merupakan bumbu dapur yang dapat mengatasi mata ikan. Bawang Bombay ini memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidan dari bawang Bombay ini bisa meningkatkan proses penyembuhan dan menghambat pertumbuhan mata ikan. Dengan menggunakan bawang Bombay ini telah terbukti bisa mengurangi bekas luka pada kulit yang disebabkan oleh gangguan  mata ikan. Cara menggunakan bawang Bombay pada gangguan mata ikan adalah dengan cara menempelkan irisan bawang pada mata ikan lalu perban menggunakan kain kasa. Biarkan semalaman dan bersihkan pada hari kesokan harinya. Sebaiknya kamu lakukan cara ini secara rutin sampai mata ikan kamu dirasa membaik atau sembuh. Biasanya cara ini akan memakan waktu seminggu untuk menyembuhkan.

4. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan bumbu dapur yang dapat mengatasi mata ikan. Cara mengobati mata ikan dengan bawang putih ini adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi gangguan mata ikan. Uji klinis menunjukkan kalau bawang putih bisa membuat pembuangan efektif jaringan mata ikan dari kuloit yang terkena gangguan tersebut. Untuk menghilangkan mata ikan dengan bawang putih ini sangat mudah, caranya adalah potong bawang putih segar, kemudian gosokkan pada kulit selama satu menit. Selain itu, kamu juga dapat menutupinya dengan perban yang sudah diisi dengan tumbukan bawang putih. Sebaiknya kamu lakukan cara ini secara rutin sampai mata ikan kamu dirasa membaik atau sembuh.

5. Lemon

Air lemon juga bisa menjajdi salah satu pilihan kamu untuk mengatasi mata ikan yang kamu alami. Caranya adalah oleskan air lemon atau gosokkan menggunakan potongan lemon pada mata ikan dan biarkan selama semalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *