Sebuah pulau yang terletak di ujung timur pulau jawa dengan beragam keunikan dan pesonanya. Letak pulau satu ini juga berbatasan dengan pulau Dewata Bali. Yang sudah taka asing lagi bagi para wisatawan. Namun masih banyak yang belum tau kalua Banyuwangi memiliki destinasi wisata yang tak kalah menariknya dari bali. Mungkin karena mereka terlalu terfokus dengan nama besar Bali ya. Ternyata tempat wisata di Banyuwangi sangat banyak bahkan tidak kalah pesonanya dengan Bali.

The sunrise of Java begitulah julukan kabupaten terbesar di Jawa Timur ini. Tempat wisata cukup beragam terlebih bagi anda yang suka alam. Seperti pegunungan, air terjun, pantai, samapai tempat bersejarah sekalipun. Bahkan anda yang punya mimpi ke raja empat tapi terhalang dana dan waktu. Anda bisa mengunjungi waduk bajul mati yang kerap dijuluki raja ampatnya Pulau Jawa. Selain itu banyak sekali tempat wisata yang akan memanjakan anda. Bahkan wisata mendunia kawah ijen dengan pesonanya yang begitu menakjupkan akan anda temui di Banyuwangi. Berikut beberapa tempat wisata alam di Banyuwangi:

Waduk Bajul Mati

Seperti pemaparan sebelumnya. Tempat ini digadang-gadang sebagai miniature Raja Ampat. Waduk ini baru dibuka di tahun 2016 yang lalu. Kenapa dijuluki miniature Raja Ampat. Karena ditengah waduk banyak gundukan-gundukan yang mirip dengan pulau-pulau kecil yang menyerupai raja ampat.

Selain menyaksikan keindahan waduk anda juga dapat menjajal beberapa fasilitas. Seperti ATV, speed boat, dan juga sara outbound. Anda juga bisa sekedar bersantai dengan keluarga atau teman di area kafe.

Pantai

Kalua anada punya waktu dua atau tiga hari dan ingin menelusuri semua pantai di Banyuwangi tak akan cukup rasanya waktu anda. Saking banyaknya pantai yang ada di Banyuwangi. Nah berikut beberapa pantai yang kerap menjadi incara wisatawan:

Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Mata Ikan dengan Bahan Alami

Pantai Plengkung

Satu destinasi wisata pantai yang menunjukkan keagungan Tuhan. Ombaknya besar, air yang jernih, bentuk bibir pantai yang unik menyerupai huruf G itu semua akan membuat anda betah berlibur di pantai ini.

Banyak sekali wisatawan baik dalam negeri maupun para turis yang berdatangan. Terlebih bagi mereka yang memiliki hobi berselancar. Digadang-gadang sebagai salah satu pantai dengan ombak terbaik di dunia hingga menyerupai Hawaii membuatnya menjadi buruan bagi pecinta selancar.

Pantai Pulau Merah

Red Islan begitulah julukan pulai yang terletak di Desa Sumber Agung Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi ini. Adanya pulau kecil yang menyerupai bukit ditengah laut memberikan daya Tarik tersendiri bagi pantai ini. Ketika air laut sedang surut anda dapat berjalan-jalan menuju pulau merah tersebut.

Ombak dipantai ini tidak setinggi di pantai plengkung namun tetap cukup menantang. Sehingga masih banyak pula para peselancar yang melatih kemampuan berselanjar dipantai pulau merah ini. Anda juga dapat menikmati matahari terbenam disebelah selatan pantai.

Itu tadi dua pantai yang sering dikunjungi. Masih di Banyuwangi dan masih dengan pesona alamnya. Di Banyuwangi ada satu tempat yang tak boleh terlewatkan. Rasanya belum sempurna jelajah alam di Banyuwangi jika belum ke Kawah Ijen.

Kawah Ijen

Kawah ijen ini terletau di puncak gunung ijen. Jadi bagi anda yang ingin menikmatinya siapkan dulu ya segala perlengkapannya. Tentu akan sangat berbeda medannya dengan anda berwisata ke pantai. Saran saya siapkan dulu fisik anda. Patikan anda siap dan kuat untuk menjajagi medannya. Jangan hanya dengan tangan kosong tanpa perbekalan ya..jika anda belum terbiasa mendaki sebaiknya anda meminta dampingan teman atau tour gait.

Baca Juga :  Bagaimana Sih Cara Kerja Investasi Peer To Peer Lending? Apakah Aman?

Setelah anda melakukan pendakian sekitar 2 hingga 3 jam dari Paltuding anda akan disuguhi keindahan alam kawah ijen. Pemandangan yang sangat menakjupkan dengan fenomena api bir atau blue fire yang kerap menjadi incara para pendaki. Api biru ini hanya muncul dilokasi penambangan sulfur ketika pukul 05.00 WIB.

Selain fenomena tersebut anda juga dapat menyaksikan mata hari terbit disertai dengan pantulan dari permukaan aire yang terkena sinar matahari hingga terbentuk warna-warni yang sangat indah. Sungguh kebesaran Tuhan yang telah menciptakan keindahan alam untuk manusia.

Mari kita jaga anugrah indah dari Tuhan. Dengan melestarikan, menjaga kebersihan ketika kita berwisata dan tidak merusaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *