Masuk angin saat hamil memanglah akan menjadi PR yang berat untuk mengatasinya. Karena masuk angin, ibu tidak akan semangat saat melakukan aktivitasnya dan nafsu makannya pun menjadi berkurang. Padahal ibu yang sedang hamil harus makan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu sendiri dan bayi yang ada di dalam kandungannya.

Masuk angin memang penyakit umum yang biasa menyerang masyarakat Indonesia. Akan tetapi jangan disepelekan, lebih baik jika masuk angin di atasi dengan cara yang tepat dan akurat. Perlu diingat, masuk angin saat hamil tidak boleh sembarangan saat mengobatinya. Hindarilah menggunakan obat yang berbahan kimia, karena sangat dilarang ibu hamil konsumsi obat kimia walaupun digunakan untuk mengobati masuk angin. Akan lebih baik dan benar jika mengobati masuk angin menggunakan bahan dan cara alami, seperti berikut ini:

1. Menggunakan minyak kayu putih

Cara alami mengatasi masuk angin saat hamil yang pertama yaitu dengan mengoleskan minyak hangat atau minyak kayu putih ke bagian perut, punggung serta leher. Cara ini sangat efektif untuk menghangatkan badan ketika terkena masuk angin.

2. Mengkonsumsi sup hangat

Makan makanan yang hangat seperti sup hangat bisa juga membantu mengatasi masuk angin saat hamil. Ibu hamil saat masuk angin dan ingin konsumsi makanan, sebaiknya konsumsi makanan yang hangat. Seperti sup hangat dan makanan hangat lainnya. Sup yang hangat akan membuat perut menjadi nyaman serta hangat. Dengan begitu akan mengurangi rasa yang tidak nyaman saat sedang masuk angin.

3. Mengkonsumsi teh mint

Teh mint adalah obat alami masuk angin saat hamil selanjutnya yang bisa anda gunakan. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu buatlah teh seperti biasa. Kemudian tambahkan daun mint dan seduh hingga aroma daun mint yang segar keluar.

Selain teh mint, minum teh hangat juga dapat meringankan masuk angin saat hamil. Teh hangat selain nikmat juga dapat menyehatkan tubuh, karena mengandung antioksidan. Teh hangat juga akan menghangatkan perut dan badan sehingga masuk angin akan cepat hilang.

4. Minum air putih hangat

Selain itu, mengatasi masuk angin saat hamil juga dapat dengan minum air putih hangat. Air putih hangat selain menghangatkan badan juga akan melancarkan metabolisme dalam tubuh, air putih juga dapat melancarkan pencernaan.

5. Minum wedang jahe

Dari zaman dahulu, jahe sangat berkhasiat untuk menghangatkan badan dan juga dapat mengobati masuk angin saat hamil. Jahe dapat diolah ke bentuk lain yaitu wedang jahe. Jahe akan membuat badan menjadi hangat, serta masuk angin akan cepat hilang dari badan.

6. Gunakan pakaian yang hangat

Pakailah pakaian yang hangat agar rasa dingin akibat masuk angin dapat dikurangi. Saat masuk angin, anda juga harus tetap konsumsi makanan yang bergizi agar masuk angin saat hamil cepat sembuh.

7. Istirahat

Istirahat yang cukup dan jangan lakukan aktivitas yang berat juga bisa membantu mengatasi masuk angin saat hamil. Istirahat yang cukup juga dapat menjauhkan kita dari masuk angin yang berkelanjutan, seperti pilek atau flu.

8. Konsumsi makanan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang banyak, agar masuk angin saat hamil cepat sembuh. Makanan yang mengandung vitamin serta mineral antara lain yaitu sayuran dan buah-buahan.

Itulah ibu beberapa cara alami yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi masuk angin saat hamil. Ketika masuk angin menyerang, sebaiknya cepat-cepat di atasi, agar tidak mengganggu aktivitas ke depan. Dengan begitu nafsu makan akan terjaga dan bayi dalam kandungan serta ibu tidak akan kekurangan nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *