Banyak sekali upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kantor agar semakin produktif. Salah satunya adalah dengan memberikan kenyamanan komunikasi antar karyawan kantor maupun dengan klien. Bagi anda yang ingin meningkatkan kenyamanan berkomunikasi di kantor maka penggunaan perangkat PABX menjadi jawaban yang tepat. Pasalnya, PABX atau Private Automated Brench eXchange ini dapat menghubungkan beberapa pesawat telepon yang ada di dalam kantor hingga membentuk sebuah jaringan komunikasi yang bekerja secara otomatis dan berkesinambungan. Harga PABX yang harus dikerluarkan oleh sebuah kantor juga sepadan dengan fitur yang didapatkan dari peran perangkat tersebut yang bertugas sebagai control stasion dari seluruh pesawat telepon yang ada di ruang kantor. Selain itu, PABX juga memiliki tugas sebagai switchboard dalam jaringan komunikasi antar pesawat telepon sehingga penggunanya dapat melakukan panggilan dan menerima panggilan tanpa harus mengeluarkan biaya operasional tambahan.

Tugas PABX selaku control stasion akan mendapatkan beberapa masukan berupa kode yang mewakili setiap pesawat telepon maupun perangkat komunikasi lainnya seperti mesin fax yang terhubung ke dalam jaringan. Masukan lainnya juga bisa dilakukan dengan mengontrol fitur DISA atau Direct Answer System Acces yang berperan sebagai operator otomatis bagi setiap panggilan telepon yang masuk. Hasilnya, setiap ada telepon yang masuk ke dalam jaringan komunikasi PABX maka perangkat tersebut secara otomatis akan menjawab panggilan dan diarahkan ke berbagai kode yang sudah dimasukkan sebelumnya sesuai dengan kepentingan. Pengunaan perangkat PABX juga dapat memudahkan kantor untuk mengawasi kinerja para karyawannya. Kondisi ini terjadi karena perangkat PABX dapat terhubung dan diprogram melalui sistem komputer untuk mengawasi keluar masuknya panggilan sekaligus membatasi penggunaan telepon.

Terdapat setidaknya tujuh fitur utama yang dapat dimanfaatkan untuk operasional kantor apabila melengkapi jaringan komunikasinya dengan PABX. Pertama, fitr caall forwarding yang dapat difungsikan untuk mengarahkan panggilan ke perangkat komunikasi lainnya seperti telepon masuk ke voice mail karena sedang sibuk. Kedua, call transfer yang digunakan untuk mengirim suatu panggilan masuk ke ekstensi lain seperti call center ke customer service. Ketiga, call queue yang berfungsi untuk menempatkan panggilan ke dalam antrian saat sedang sibuk. Keempat, conference call yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa panggilan sekaligus ke dalam sebuah grup komunikasi. Kelima, voice message yang dapat merekam suara penelepon saat nomor yang dihubungi sedang tidak berada di tempatnya. Keenam, automatic call delivery (ACD) yang berfungsi untuk mengarahkan panggilan masuk ke ekstensi yang tepat secara otomatis. Sedangkan fitur ketujuh adalah least cost routing (LCR) yang berfungsi untuk menerima panggilan telepon seluler biasa melalui jaringan PSTN atau Public Switched Telephone Network. Tipe PABX memang terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi. Bicara soal tipe PABX yang cocok untuk jaringan komunikasi perkantoran maka PABX Hybrid jawabannya. Ya, tipe tersebut sangat marak digunakan untuk jaringan komunikasi perkantoran modern zaman sekarang. Penggunaan kombinasi teknologi PABX analog dan digital yang terbenam di dalamnya menjadikan harga PABX tersebut sangat worth it untuk menyempurnakan jaringan komunikasi perkantoran. Bayangkan saja, hanya dengan berbekal perangkat PABX saja maka jaringan komunikasi kantor akan diwarnai dengan berbagai fitur baru yang nyaman seperti tersambungnya telepon ke internet melalui penggunaan kaber UTP, terintegrasinya telepon dengan CTS (Cloude Telephone Service), dan minimnya penggunaan kabel untuk menghubungkan antar telepon. Sifat dari PABX Hybrid yang multifungsi tersebut menjadikannya sangat cocok digunakan dalam jaringan komunikasi perkantoran yang modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *