Untuk bunda berbadan dua menjauhi santapan ataupun minuman yang tidak sepatutnya disantap merupakan jadi perihal yang sangat berarti, sebab apabila tidak, bisa menyebabkan kendala pada kehamilan, baik itu keracunan apalagi hingga keguguran. Sebab perihal seperti itu banyak wanita yang baru awal kali berbadan dua merasa risau serta bisa jadi ketakutan.

Tahukah kalian bahwa jagung juga merupakan salah satu sayuran yang masuk dalam daftar meragukan untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun sebenarnya kandungan gizi dalam jagung memiliki manfaat bagi ibu hamil. Didalam jagung terdapat berbagai jenis mineral, vitamin dan juga protein tentunya, yang dapat membantu perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil. Itulah mengapa jagung dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Cara pengolahan jagung menjadi berbagai jenis makanan juga cukup mudah, ada yang direbus, dipanggang, ditumis, disup bahkan dijadikan bubur. Mungkin yang paling mudah adalah dengan merebusnya. Dari itulah banyak orang yang suka dengan sayuran yang berwarna kuning ini.

Ketahuilah beberapa manfaat jagung untuk ibu hamil yang jarang diketahui, berikut adalah daftarnya.

Dapat membantu perkembangan organ janin

Asam pantotenat yang terkandung dalam jagung dapat membantu perkembangan organ penting janin, misalnya ginjal, otak, paru-paru dan jantung. Risiko kelainan organ tubuh dapat meningkat bila selama kehamilan, janin kekurangan asupan asam pantotenat.

Membantu perkembangan otot dan tulang

Janin yang dikandungan membutuhkan asupan mineral yang tinggi. Ini untuk membantu perkembangan tulang dan toto janin, agar terhindari dari gangguan tulang serta untuk melindungi fungsi ginjal. Dan dengan jagung asupan berbagai mineral janin dapat terpenuhi, seperti tembaga, fosfor, zat besi dan juga magnesium.

Apabila bayi yang dikandung kekurangan folat, maka berisiko untuk mengalami cacat tabung saraf. Untuk menghindari hal tersebut kandungan dalam jagung menjadi solusinya. Terlebih lagi pada ibu hamil yang sedang berada pada trimester pertama, asupan folat sangat dibutuhkan. Folat sendiri dibutuhkan ketika pembentukan sistem saraf serta tulang belakang pada janin.

Baca Juga :  Cara Alami Mengatasi Masuk Angin Saat Hamil

Untuk menghindari cacat otot

Kandungan zeaxanthin dalam jagung mampu mencegah cacat otot pada  bayi. Zeaxanthin memiliki tugas yang cukup penting dalam pembentukan massa otot. Cacat otot dapat terjadi pada bayi yang selama dalam kandungan kekurangan asupan zeaxanthin.

Mencegah terjadinya sembelit

Pada periode awal kehamilan mungkin ibu hamil akan merasakan sembelit, dan itu merupakan hal yang umum terjadi pada wanita hamil. Dan ketika kondisi ini terjadi, produksi hormon progesteron dalam tubuh ibu hamil mempengaruhi organ pencernaan tepatnya usus sehingga pencernaan melambat. Kandungan serat yang tinggi dalam jagung mampu mengatasi hal tersebut, ini karena serta dapat usus berkerja dengan lebih baik. Perlu diketahui bahwa sembelit ini umumnya terjadi pada trimester pertama.

Melindungi kesehatan mata bayi

Untuk melindungi organ mata janin dalam kandungan, diperlukan zat yang mampu memelihara kesehatan mata si janin. Misalnya lutein, beta karoten dan xanthin. Dan untuk memenuhi kandungan gizi tersebut ibu hamil disarankan mengkonsumsi jagung, selain itu jagung juga menurunkan risiko penyakit mata pada si janin.

Menghindari kurang berat badan janin

Beragang kandungan gizi yang terdapat dalam jagung mampu menghindari bayi lahir dengan berat kurang dari normal. Konsumsi cukup jagung ketika masa kehamilan dapat mencegah janin kekurangan nutrisi.

Memelihara kesehatan jantung janin serta ibu hamil

Berhati-hatilah ibu hamil yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, besar kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular. Kandungan yang terdapat dalam jagung dapat mengkontrol jumlah kolesterol dalam darah, karena jagung mengandung bioflavonoid, karotenoid dan vitamin C. Sehingga baik untuk memelihara kesehatan aliran darah dan jantung.

Vitamin B, zat besi serta folat yang terkandung dalam jagung mampu mengatasi anemia. Anemia ini dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin, dan penyakit kekurangan darah pada ibu hamil juga merupakan salah satu masalah yang umumnya terjadi.

Baca Juga :  Persiapan Sekolah di Era New Normal

Membantu perkembangan fungsi otak janin

Untuk mendukung perkembangan sel-sel dalam otak serta fungsi kognitif janin diperlukan sumber makanan yang mengandung tiamin. Salah satu sumbernya adalah jagung, kandungan tiamin dalam jagung sangatlah tinggi. Memasukan jagung sebagai makanan atau camilan selama kehamilan mampu mendukung kecerdasan bayi.

Manfaat jagung untuk ibu hamil yang jarang diketahui ini dapat diambil dengan mengkonsumsi secara teratur dan dengan takaran tertentu. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana proses pengolahan jagung hingga menjadi jagung siap makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *